طزق تدريس علىم الشزيعخ في التعليم الجامعي وضرورة تطويرها

Qomaruzzaman, Qomaruzzaman (2006) طزق تدريس علىم الشزيعخ في التعليم الجامعي وضرورة تطويرها. Empirisma, 15 (1). pp. 1-17.

[img] Text
Qomaruzzaman - طزق تدريس علىم الشزيعخ في التعليم الجامعي وضرورة تطويرها.pdf

Download (474kB)
Official URL: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/empirism...

Abstract

Setiap Perguruan Tinggi dituntut untuk selalu berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Sebagai lembaga pendidikan, tentunya mempunyai andil besar untuk ikut mempersiapkan kader-kader yang tangguh dan mampu mengatasi segala problematika umat dalam rangka mengejar ketertinggalanya dalam kancah peradaban global. Salah satu aspek pendidikan dalam perguruan tinggi adalah adalah aspek pembelajaran khususnya ilmu-ilmu agama yang nota bene menjadi ruh dalam Perguruan Tinggi Islam seperti STAIN atau yang sejenis. Untuk meningkatkan aspek pembelajaran ini tentunya yang perlu dipikirkan adalah formulasi tentang metode dan strategi pembelajaran yang tepat dan efektif untuk diaplikasikan dalam ilmu-ilmu agama seperti Tafsir, Hadits, Fikh dan lain-lain. Mengingat sebuah metode pada dasarnya erat kaitannya dengan hasil dari proses pembelajaran. Dengan kata lain baik buruknya hasil pembelajaran sangat bergantung dengan metode yang digunakan. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha menawarkan beberapa metode pembelajaran untuk bisa diaplikasikan dalam mengajarkan ilmuilmu agama (syari’ah), sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan. Pertama, akan diuraikan tentang perbedaan antara pengajaran dan pembelajaran. Kedua, tentang klasifikasi metode pembelajaran secara umum, kemudian sebagai sampelnya adalah metode pembelajaran untuk materi Qur’an dan Hadits. Dilanjutkan dengan bentuk-bentuk metode pembelajaran yang pernah dipakai dalam pendidikan Tinggi Islam dan segi positif-negatifnya, seperti sistem: Halaqah (kelompok belajar), riwayah (ijazah), qiraah dan ada’ (sorogan), Sima’ (mendengar), Imla’ (mendekte), Muhadlorah (ceramah), dan sistem klasikal. Disamping itu juga dijelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan suatu metode pembelajaran tertentu, serta beberapa media pembelajaran modern dalam meningkatkan pembelajaran ilmu-ilmu agama. Dan yang terakhir ada beberapa masukan untuk mahasiswa maupun dosen dalam menentukan metode pembelajaran yang lebih baik dan efektif, diantaranya memperbanyak metode diskusi dan belajar secara mandiri.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: ?? DOS ??
Depositing User: M. Royyan Nafis Fathul Wahab
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:30
Last Modified: 23 Mar 2021 02:30
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item