Evidence-Based Language Learning Strategies To Increase Students’ Success; International Perspective For Stain Kediri

Rosyid, Fathor and Syaifulloh, Burhanudin (2016) Evidence-Based Language Learning Strategies To Increase Students’ Success; International Perspective For Stain Kediri. Realita, 14 (1). pp. 93-21.

[img] Text
Evidence-Based Language Learning Strategies To Increase Students’ Success; International Perspective For Stain Kediri.pdf

Download (346kB)
Official URL: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa Indonesia dan Malaysia, yakni apakah ada perbedaan yang signifkan dalam penggunaan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa jurusan bahasa Inggris dan mahasiswa jurusan non-Inggris, dan apakah ada perbedaan yang signifkan dalam penggunaan strategi pembelajaran bahasa antara mahasiswa Indonesia dan Malaysia. Studi ini bersifat deskriptif serta komparatif dalam arti bahwa ia mencoba untuk menemukan persamaan dan perbedaan antara bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa kedua dan bahasa asing. Strategy Inventory for Language Learning (SILL) digunakan untuk menilai frekuensi penggunaan strategi pembelajaran bahasa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan bahasa Inggris dan mahasiswa jurusan non-Inggris STAIN Kediri. Subyek lain dari penelitian ini adalah mahasiswa yang belajar bahasa Inggris di University of Technology, Malaysia. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS (uji t sampel bebas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifkan dalam penggunaan LLS antara mahasiswa jurusan bahasa Inggris dan mahasiswa jurusan non-Inggris. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifkan dalam penggunaan LLS antara mahasiswa Indonesia dan Malaysia. Artinya, meskipun bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa kedua di Malaysia, LLS yang digunakan oleh mahasiswa di Malaysia tidak berbeda secara signifkan dengan mahasiswa Indonesia di mana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa asing.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: M. Royyan Nafis Fathul Wahab
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:03
Last Modified: 13 Sep 2021 04:03
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item