Yuliani, Yuliani (2016) Pendidikan di Indonesia dalam Human Development Index (HDI). Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2 (2). pp. 48-57. ISSN 2613-9820 (Online) 2477-0523 (Print)
Text
YULIANI_Pendidikan di Indonesia dalam Human Development Index (HDI).pdf Download (875kB) |
Abstract
Human Development Index (HDI) merupakan ukuran ringkasan untuk menilai kemajuan jangka panjang dalam tiga dimensi dasar pembangunan manusia, antara lain harapan hidup dan kesehatan, akses terhadap pengetahuan atau pendidikan dan standar hidup yang layak. Dengan informasi angka dan peringkat HDI (Human Development Index) dapat diperoleh gambaran keadaan kesejahteraan masyarakat yang diukur diukur dari beberapa aspek, yaitu: 1) Life expectancy at birth (harapan hidup saat lahir) aspek ini digunakan sebagai tolok ukur kualitas kesehatan; 2) Expected years of schooling (Harapan Lama Sekolah) aspek ini sebagai tolok ukur pendidikan; 3) Mean years of schooling (Rerata Partisipasi Sekolah) aspek ini sebagai tolok ukur pemerataan pendidikan; dan 4) Gross National Income (Pendapatan Nasional Bruto) aspek ini jelas mengukur tentang taraf ekonomi masyarakat. Human Development Index (HDI) dapat mencerminkan bagaimana posisi sebuah negara dengan negara lain dalam tingkat kesejahteraan masyarakat yaitu pembangunan manusianya termasuk di dalamnya pembangunan di bidang pendidikan. Nilai Human Development Index (HDI) Indonesia 2014 adalah 0.684_yang menempatkan pembangunan manusia Indonesia pada posisi 110 dari 188 negara di dunia. Antara tahun 1980 dan 2014, nilai Human Development Index (HDI) Indonesia meningkat 0,474-0,684, meningkat 44,3% atau peningkatan tahunan rata-rata sekitar 1,08%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Divisions: | Dosen IAIN Kediri |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 01:06 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 01:06 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/698 |
Actions (login required)
View Item |