Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bandung Tulungagung

Yuliani, Yuliani and Romadhon, Syahru (2014) Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bandung Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2 (2). pp. 64-70. ISSN 2613-9103 (Online)

[img] Text
YULIANI_Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bandung Tulungagung.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.ph...

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu (PTP) atau integrated thematic instruction (ITI) dikembangkan pertama kali pada awal tahun 1970-an. Belakangan ini PTP diyakini sebagai salah satu model pembelajaran yang efektif (highly effective teachingmodel) karena mampu mewadahi dan menyentuh secara terpadu dimensi emosi, fisik, dan akademik siswa di dalam kelas atau di lingkungan sekolah. Pembelajaran tematik terpadu pada awalnya dikembangkan untuk anak-anak berbakat dan bertalenta (gifted and talented), anak-anak yang cerdas, pro�gram perluasan belajar, dan peserta didik yang belajar cepat. Berdasarkan hasil obsevasi yang dilakukan bahwa penerapan pembelajaran tematik terpadu yang diterapkan di SD Di Kecamatan Bandung belum dil�aksanakan secara maksimal. Hal tersebut terlihat ketika pembelajaran sedang berlangsung, sekolah ini memang menerapkan pembelajaran tematik akan tetapi pengemasan dengan pendekatan tematik terpadu sama sekali be�lum terlihat. Pembelajaran tematik terpadu memiliki perbedaan kualitatif (qualitatively different) dengan model pembelajaran lain. PTP sifatnya memandu peserta didik mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher levels of thinking) atau keterampilan berpikir dengan mengoptimasi kecerdasan ganda (multiple thinking skills), sebuah proses inovatif bagi pengembangnan dimensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Setelah dil�aksanakan kegiatan pelatihan, peserta diberikan angket untuk diisi, isi angket memuat tentang manfaat pelaksa�naan program pelatihan penyusunan RPP Tematik Terpadu dan dari hasil angket tersebut menunjukkan bahwa peserta kegiatan yang menyetujui tentang rencana program lanjutan pelatihan penyusunan RPP Tematik Terpadu

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 09 Jun 2022 00:52
Last Modified: 09 Jun 2022 00:52
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/695

Actions (login required)

View Item View Item