Sufirmansyah, Sufirmansyah (2019) Membangun Model Pendidikan Pesantren Integratif dalam Merespon Tantangan Era Industri 4.0. Prosiding Nasional: Bargaining Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0, 2. pp. 151-172.
Text
Membangun Model Pendidikan Pesantren Integratif dalam Merespon Tantangan Era Industri 4.0.pdf Download (293kB) |
Abstract
Artikel ini mengungkap pedagogi pesantren, dan pada saat yang sama menyangkal asumsi publik yang sering memiliki pandangan yang merendahkan terhadap pesantren karena dianggap sebagai lembaga statis dan sumber radikalisme. Sebagai lembaga tradisional, pesantren sering menunjukkan sikap positif, fleksibel dan akomodatif terhadap perubahan apa pun. Artikel ini ditulis menggunakan metode kualitatif berjenis studi literatur berbasis analisis historis-kritis. Artikel ini menunjukkan bahwa pesantren memiliki konsep pedagogik yang mengintegrasikan sains dengan seni mengajar. Ada berbagai metode dan strategi pedagogi pesantren yang masih dipertahankan hingga saat ini, dan mereka dapat menjadi model sistem pendidikan di Indonesia karena mereka telah berkontribusi pada kemanusiaan dan membangun perdamaian. Selain itu, dalam menanggapi isu-isu kontemporer, pesantren telah berpartisipasi dalam membangun masyarakat yang demokratis, mendorong kesadaran akan kesetaraan gender, meningkatkan kualitas layanan publik, dan mempromosikan perubahan paradigma di dalam pesantren, yaitu pesantren integratif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M. Royyan Nafis Fathul Wahab |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:09 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 04:09 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/537 |
Actions (login required)
View Item |