Aplikasi Visi Islam Moderat Eklektisisme Pembelajaran Bermakna dan Pendidikan Berbasis Nilai sebagai Antitesis Radikalisme Keberagamaan

Sufirmansyah, Sufirmansyah (2018) Aplikasi Visi Islam Moderat Eklektisisme Pembelajaran Bermakna dan Pendidikan Berbasis Nilai sebagai Antitesis Radikalisme Keberagamaan. Prosiding Nasional: Moderasi Keberagaman Ormas Islam di Indonesia, 1. pp. 95-112.

[img] Text
Aplikasi Visi Islam Moderat Eklektisisme Pembelajaran Bermakna dan Pendidikan Berbasis Nilai sebagai Antitesis Radikalisme Keberagamaan.pdf

Download (478kB)
Official URL: http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascas...

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi aplikasi visi Islam moderat secara eklektis, dimana akan ditawarkan penggabungan konsep pembelajaran bermakna dan pendidikan berbasis nilai sebagai respon atas merebaknya radikalisme keberagamaan dewasa ini. Banyaknya pemberitaan media mengenai isu radikalisme di berbagai bidang, termasuk akademik, disinyalir berawal dari adanya degradasi moderasi keberagamaan. Hal itulah yang membuat semua pihak terus berupaya dan bersinergi dalam mencari solusi terbaik. Sebagai akademisi, penulis bermaksud merancang pendidikan Islam moderat dengan paradigma eklektisisme. Artikel ini disusun secara kualitatif berbasis library research untuk mensintesakan konsep ideal dalam menyusun pendidikan Islam moderat. Melalui content analysis yang telah dilakukan, didapatkan sebuah simpulan utama bahwa radikalisme dapat diminimalisir dengan cara menghadirkan konsep pendidikan Islam yang moderat. Dengan menggabungkan konsep pembelajaran bermakna dan pendidikan berbasis nilai, maka konsep pendidikan Islam moderat dapat dibangun secara lebih komprehensif. Karena bagaimanapun juga, radikalisme keberagamaan mayoritas muncul karena nihilnya kemauan untuk memahami Islam secara proporsional. Oleh karena itu apabila pendidikan Islam dibangun atas prinsip moderasi, maka hal itu akan dapat menjadi antitesis yang tepat bagi radikalisme keberagamaan.

Item Type: Article
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M. Royyan Nafis Fathul Wahab
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:09
Last Modified: 23 Nov 2023 04:12
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item