TAKHRĪJ AL-H{ADI>TH HADIS-HADIS DALAM BUKU SISWA “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” KELAS XI

Khamim, Khamim (2020) TAKHRĪJ AL-H{ADI>TH HADIS-HADIS DALAM BUKU SISWA “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” KELAS XI. Nabawi, 1 (1). pp. 46-71.

[img] Text
TAKHRIJ AL-HADITH HADIS-HADIS BUKU SISWA “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” KELAS XI.pdf

Download (837kB)
Official URL: http://journal.tebuireng.ac.id/index.php/nabawi/ar...

Abstract

akhrīj al-H{adi>th pada buku “Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti” Kelas XI belum ditemukan. Penelitian ini memfokuskan pada pelacakan sumber hadis-hadis dari buku tersebut dan kualitasnya, sehingga hasil penelitian ini akan menjadi rujukan guru untuk menjelaskan kualitas hadis pada siswanya. Penelitian ini menggunakan metode takhrīj melalui kata pertama atau lafadz pembuka pada matn hadis menggunakan kitab Al-Ja>mi’ al-S}aghi>r fi> Ah}a>di>th al-Bashi>r al-Nadhi>r karya Imam al-Suyuti. Selain itu, dalam proses pengumpulan data, penelitian ini memanfaatkan 2 (dua) software, yaitu: موسوعة الحديث الشريف versi 2,1 (Shirkat al-S}ah}r li al-Bara>mij al-H{āsib, 1991-1996) dan CD المكتبة الألفية للسنة النبوية versi 1.5 (Markaz} al-Turāth li Abh}āth al-H{āsib, 1999). Telah ditemukan sebanyak 179 sumber hadis dari 30 hadis dari penelitian buku di atas. Sebanyak 176 sumber dari kitab-kitab hadis sumber pokok, yaitu 9 kitab hadis dan 3 selain kitab-kitab hadis sumber pokok. Dari 30 hadis buku di atas, terdapat hadis yang berkualitas S{ah}īh} li Dhātih sebanyak 19 (63,33%), S{ah}īh} li Ghayrih sebanyak 2 (6,67%), H{asan li Dhātih sebanyak 6 (20%), dan D{a’īf dan mawd}u>' sebanyak 3 (10%). Kata kunci: Takhrīj al-H{adi>th, PAI dan Budi Pekerti SMA/SMK

Item Type: Article
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ahwal Al-Syakhsiyah
Depositing User: Muhammad Fikri Alan
Date Deposited: 04 Aug 2021 03:39
Last Modified: 04 Aug 2021 03:39
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item