Taulabi, Imam and Mustofa, Bustomi (2019) Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30 (1). pp. 28-46. ISSN 2502-3047, 1411-9919
Text
Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter.pdf Download (386kB) |
Abstract
Pendidikan karakter tumbuh menjadi salah satu tren dalam diskursus pendidikan nasional. Tulisan ini menjelaskan tentang dekandensi moral dan pendidikan karakter sebagai sebuah tawaran alternatif. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan kajian literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber yang relevan. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penerapan pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa model dan metode. Model penerapannya meliputi model otonomi, model integrasi, model ekstrakurikuler, dan model kolaborasi. Selain itu, metode penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu: belajar, keteladanan, penguatan, dan habituasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Royyan Nafis Fathul Wahab |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 01:02 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 01:02 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/395 |
Actions (login required)
View Item |