ANALISIS STRATEGI PENJUALAN BARANG KOMODITAS DI SWALAYAN SURYA GONDANG PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Analysis of Commodity Goods Sales Strategy in Surya Gondang Supermarket Syariah Economic Law Perspective)

Trivita, Octaviana and Mahdil, Mawahib and Taufik, Abdullah (2019) ANALISIS STRATEGI PENJUALAN BARANG KOMODITAS DI SWALAYAN SURYA GONDANG PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Analysis of Commodity Goods Sales Strategy in Surya Gondang Supermarket Syariah Economic Law Perspective). Qawaniin, 3 (2). pp. 163-181. ISSN 2622-8661

[img] Text
ANALISIS STRATEGI PENJUALAN BARANG KOMODITAS DI SWALAYAN SURYA GONDANG PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Analysis of Commodity Goods Sales Strategy in Surya Gondang Supermarket Syariah).pdf

Download (961kB)
Official URL: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/qawanin/...

Abstract

Strategi penjualan atau pemasaran adalah suatu seleksi sasaran yang menentukan posisi persaingan dan bauran dalam transaksi jual beli. Dalam strategi yang diterapkan penjualan atau pemasaran di swalayan dapat dibagi menjadi beberapa bentuk: a) Strategi Produk, b) Strategi Harga, c) Strategi Distribusi, d) Strategi Promosi. Swalayan Surya Gondang memiliki dua strategi yang dapat diterapkan, yaitu strategi harga yang terdapat dalam penetapan harga berupa POP (Point of Price) dan strategi promosi terhadap barang tertentu dengan sistem promo terdapat pada barang komoditas. Penetapan harga yang berupa POP (Point of Price) yang terdapat di etalase rak barang komoditas di mana hal tersebut merupakan kesepakatan harga antara pihak swalayan dengan konsumen (pelanggan). Sedangkan strategi yang terjadi pada promosi diterapkan dalam sistem promo dibagi menjadi 10 macam promo (diskon, murah, 3 hari saja, awal bulan, akhir bulan, home care, beauty fair, kitchen fair, kids and baby fair, dan heboh). Hal tersebut dilakukan untuk menarik minat konsumen agar mau berbelanja di Swalayan Surya Gondang. Penelitian yang dilakukan mempunyai sebuah tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi di Swalayan Surya Gondang dengan menggunakan jenis pendekatan secara langsung atau lapangan (field research), sedangkan jenis penelitian adalah kualitatif. Data yang diperoleh berupa data primer dan sekunder, sebagaimana yang terdapat dalam metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan telaah dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa Swalayan Surya Gondang mempunyai 2 strategi untuk menarik minat konsumen (pelanggan) yaitu berupa penetapan harga yang ada pada POP (Point of Price) tidak sesuai dengan database komputer sehingga terjadi perubahan lafal ijab dan qabul. Strategi selanjutnya yaitu berupa promo yang terdapat pada barang komoditas berupa promo diskon di mana telah ditemukan adanya ketidakjujuran terhadap barang yang mendapat promo diskon, yang ditemukan penutupan logo promo pada masa kadaluwarsa yang menyebabkan pihak konsumen (pelanggan) tidak megetahui kapan masa kadaluwarsa akan habis. Kata Kunci: Strategi, Penjualan Barang, Swalayan.

Item Type: Article
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fikri Alan
Date Deposited: 28 May 2021 04:32
Last Modified: 03 Jun 2022 06:46
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item