KONSEP PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM ERA GLOBALISASI

Usmany, Ahmad Dhoifur (2004) KONSEP PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM ERA GLOBALISASI. Jurnal Realita, 1 (2).

[img] Text
DHOIFUR-PEN.pdf

Download (272kB)
Official URL: https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/realita

Abstract

Menurut al-Ghazali: Tujuan pendidikan jangka panjang ialah pendekatan diri kepada Allah. Pendidikan dalam prosesnya harus mengarahkan manusia menuju pengenalan dan kemudian pendekatan diri kepada Tuhan Pencipta Alam. Tujuan pendidikan jangka pendek ialah diraihnya profesi manusia sesuai dengan bakat dan kemampuannya. Tugas dan tanggung jawab guru profesional menuuurut Al-Ghazali adalah sebagai berikut : 1) Guru ialah orang tua kedua didepan murid, 2) Guru sebagai pewaris Ilmu Nabi, 3) Guru sebagai penunjuk jalan dan pembimbing keagamaan murid, 4) Guru sebagai sentral figure bagi murid, 5) Guru sebagai motivator bagi murid, 6) Guru sebagai seorang yang memahami tingkat perkembangan intelektual murid, dan 7) Guru sebagai teladan bagi murid. Hal-hal yang harus dipenuhi oleh murid dalam proses belajar mengajar menurut al-Ghazali adalah sebagai berikut: 1) Belajar merupakan Proses Jiwa, 2) Belajar Menuntut Konsentrasi, 3) Belajar harus didasari sikap tawadu’, 4) Belajar bertukar pendapat hendaknya telah mantap pengetahuan dasarnya, 5) Belajar Harus menegtahui nilai dan tujuan ilmu pengetahuan yang dipelajari, 6) Belajar secara bertahap, 7) Tujuan belajar untuk berakhlakul karimah. Kurikulum pendidikan harus disusun dan selanjutnya disampaikan kepada murid sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan psikisnya. Tegasnya, pelajaran harus disampaikan secara bertahap, dengan memperhatikan teori, hukum dan periodesasi perkembangan anak. Evaluasi pendidikan adalah usaha memikirkan, membandingkan, memprediksi (memperkirakan), menimbang, mengukur dan menghitung segala aktivitas yang telah berlangsung dalam proses pendidikan, untuk meningkatkan usaha dan aktivitasnya sehingga dapat seefektif dan seefisien mungkin dalam mencapai tujuan yang lebih baik diwaktu yang akan datang. Tampilnya pemikiran al-Ghazali tentang pendidikan dalam dunia pendidikan di dalam era globalisasi ini adalah karena aktualitas konsepnya, kejelasan oreintasi sistemnya, dan secara umum karena pemikirannya yang sesuai dengan konteks sosiokultural.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza
Date Deposited: 13 Apr 2021 06:35
Last Modified: 18 May 2021 03:57
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item