Turath wa tajdid (the study of the implementation of the management integrative curriculum in educational institutions of the islamic perspective of Hassan Hanafi)

Purwaningrum, Septiana (2022) Turath wa tajdid (the study of the implementation of the management integrative curriculum in educational institutions of the islamic perspective of Hassan Hanafi). Fenomena, 21 (1). pp. 51-66. ISSN p-ISSN 1412-5439; e-ISSN 2656-7369

[img] Text
6. 2022-JURNAL FENOMENA SINTA 5 -TURATH WA TAJDID.pdf

Download (526kB)
Official URL: http://fenomena.uinkhas.ac.id/index.php/fenomena/a...

Abstract

Teknologi yang semakin maju dan zaman yang terus berkembang menuntut lembaga pendidikan untuk survive dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Sehingga dibutuhkan manajemen kurikulum yang bersifat futuristik namun tidak meninggalkan tradisi yang sudah baik. Kurikulum integratif dalam pendidikan menjadi salah satu solusi ideal dalam menjawab tantangan tersebut. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan manajemen kurikulum integratif di SMA Trensains Tebuireng Jombang serta menganalisisnya perspektif pemikiran Hassan Hanafi. Artikel ini merupakan library research dan analisis datanya menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala SMA Trensains Tebuireng Jombang memiliki peran penting dalam fungsi manajemen kurikulum integratif, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemberdayaan, pengawasan, hingga evaluasi. Manajemen kurikulum integratif di SMA Trensains yang disebut dengan Kurikulum Semesta relevan dengan pemikiran Hassan Hanafi. Kurikulum Semesta di lembaga ini sudah dilaksanakan dengan manajemen yang baik dan hasilnya membanggakan, dibuktikan dengan prestasi-prestasi yang diraih dalam banyak perlombaan sains di tingkat nasional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin lembaga pendidikan penting untuk mengintegrasikan tradisi dan modernitas untuk bisa survive. Turats tidak boleh menjadi barang mati yang hanya tersimpan di perpustakaan. Ajaran agama tidak boleh sekedar menjadi dogma. Kontekstualitas ajaran agama dengan modernitas menjadi sebuah keniscayaan untuk menyelenggarakan lembaga pendidikan Islam yang unggul dan kompetitif

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 10 Apr 2023 06:09
Last Modified: 10 Apr 2023 06:09
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item