Upaya Memenuhi Hasil Maksimal Bidang Study Matematika Memakai Gaya Pengkajian Kooperatif Berupa STAD

Marpuah, Eneng and Efendi, Irwan and Wulandari, Ratna Wahyu (2019) Upaya Memenuhi Hasil Maksimal Bidang Study Matematika Memakai Gaya Pengkajian Kooperatif Berupa STAD. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2 (4). pp. 1-20.

[img] Text
Upaya Memenuhi Hasil Maksimal Biadang Study Matematika Memakai Gaya Pengkajian Kooperatif Berupa STAD.pdf

Download (277kB)
Official URL: https://ojs.unida.ac.id/skripsiunida/article/view/...

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk terpenuhinya nilai maksimal matimatika dengan cara penerapan model STAD yang menjadi corak atau menggambarkan PTK. Pelajar kelas tiga SDN Gn. Picung 08 Kabupaten Bogor tahun ajaran 2017/2018 menjadi subjek dari penelitian ini, yang berjumlah 30 orang, dengan rincian: Enam belas laki-laki dan empat belas perempuan dengan tingkat kemampuan akademik heterogen. KKM yang ditetapkan disekolah tersebut yakni 65. sedangkan substansi bangun datar pada bidang study matematika belum mencapai kriteria tersebut. PTK memakai gaya pengkajian kooperatif berupa stad digunakan Peneliti sebagai guna mencari solusi dan pemecahan masalah yang ada di dalam kelas, Metode ini dilakukan dengan dua siklus yang mana siklus satu dan siklus dua ini menggunakan empat tahapan: yang pertama tahap planning atau perencanaan, tahap ke dua implementation atau pelaksanaan, tahap ke tiga observation atau pengamatan, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut disajikan dan diimplementasikan dengan langkah-langkah pembelajaran model tipe STAD. Data aktivitas guru, data aktivitas siswa, serta perolehan hasil dalam kegiatan belajar mengajar dijadikan bentuk dan jenis pengumpulan data. diakhir siklus, dilakukan evaluasi dan dicatat dilembar obervasi. Hasil Penilitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada perolehan hasil di siklus I yaitu 56% menjadi 80% di siklus II. Ini berarti upaya memenuhi hasil maksimal biadang study matematika memakai gaya pengkajian kooperatif berupa stad sudah terpenuhi dan dianggap tuntas.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M. Royyan Nafis Fathul Wahab
Date Deposited: 10 Aug 2021 03:00
Last Modified: 10 Aug 2021 03:00
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item