Pelatihan Terhadap Guru Tentang Cara Menggali Komunikasi Matematika Siswa Smp Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar Visual

Utomo, Fajar Hendra and Nafi’an, Muhammad Ilman (2019) Pelatihan Terhadap Guru Tentang Cara Menggali Komunikasi Matematika Siswa Smp Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar Visual. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 7 (2). pp. 95-101. ISSN 2613-9103

[img] Text
Pelatihan Terhadap Guru Tentang Cara Menggali Komunikasi Matematika Siswa Smp Ditinjau Berdasarkan Gaya Belajar Visual.pdf

Download (423kB)
Official URL: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.ph...

Abstract

Berdasarkan observasi di sekolah Dasar pada kelas matematika terdapat siswa yang menyelesaikan masalah matematika dengan cara yang berbeda-beda walaupun diberi soal yang sama, dalam menyelesaikan soal pecahan beberapa siswa menyelesaikan dengan algoritma dalam bentuk angka dan simbol, sebagaian lagi menyelesaikan pecahan dengan gambar-gambar yang di arsir, hal ini memungkinkan bahwa gaya belajar siswa berhubungan dengan kemampuan komunikasi matematika baik tulis maupun lisan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pelatihan kepada guru tentang menganalisis kemampuan komunikasi matematika siswa SMP ditinjau berdasarkan gaya belajar visual. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini akan dilaksanakan di SMPIQu Al Bahjah Karangrejo kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Jarak dari Kota Tulungagung ke SMPIQu Al Bahjah Tersebut sekitar 15 KM ke arah barat dekat dengan Gunung Wilis. Jumlah guru di SMPIQu Al Bahjah Karangrejo sekitar 10 Guru. Saat ini SMPIQu Al Bahjah Karangrejo menggunakan kurikulum KTSP 2006, dan di antara 10 guru ditemukan pendidikanya tidak linier, hal ini menyebabkan para guru kesulitan merancang pembelajaran yang efektif. Sementara jumlah siswa nya ada 59. Pengabmas ini tepat dilakukan disana karena banyak Siswa SMP yang komunimkasi matematika bagus tapi belum tergarap dengan baik. oleh karena itu perlu adanya pelatihan terhadap guru mapel matematika atau tematik matematika. Ada tiga tahap kegiatan program pengabdian yang diajukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi berjalan dengan lancar. Para peserta pelatihan menanggapi positif kegiatan ini. Dengan pelatihan ini, peserta mampu menganalisis kemampuan komunikasi matematika siswa SMP ditinjau berdsarkan gaya belajar visual.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: M. Royyan Nafis Fathul Wahab
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:59
Last Modified: 10 Aug 2021 02:59
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item