Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Dan Iklim Sekolah Terhadap Self Regulated Learning Siswa

Ma’ruf, Siti Fatimah and Muwaffiqillah, Moch and Burhan, Moh Irfan (2017) Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Dan Iklim Sekolah Terhadap Self Regulated Learning Siswa. (Journal of Psychology and Islamic Science), 1 (2). pp. 97-109.

[img] Text
953-2746-2-PB.pdf

Download (679kB)
Official URL: https://doi.org/10.30762/happiness.v1i2.333

Abstract

ABSTRAK Siswa SMP Negeri 2 Kediri memiliki tingkat regulasi diri dalam belajar yang beragam. Mengingat waktu belajar yang terbatas untuk belajar di sekolah maka kemungkinan ada faktor lain yang mendukung proses belajar siswa. Dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah menjadi dua dari banyak faktor yang bisa mendukung belajar siswa. Karena itulah, peneliti ingin mengetahui mengenai pengaruh antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah terhadap self regulated learningpada siswa SMP Negeri 2 Kediri. Penelitian ini merupakanpenelitian kuantitatif korelatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kediri. Total sampel penelitian adalah 172 siswa yang dipilih dengan teknik probability sampling berupa simple random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan skala dukungan sosial keluarga, skala iklim sekolah dan skala self regulated learning. Data kemudian dianalis menggunakan analis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan self regulated learning (r=0,682 koefisien determinasi= 46,5%), (2) terdapat hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan self regulated learning (r=0,725 koefisien determinasi= 52,5%), (3) terdapat pengaruh antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah dengan self regulated learning (r=0,725 koefisien determinasi= 52,5%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara antara dukungan sosial keluarga dan iklim sekolah dengan self regulated learning.

Item Type: Article
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Mahbub Junaidi
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:31
Last Modified: 16 Jun 2023 06:31
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item