Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok

Nisa, Vina Khoirun and Zunairoh, Yuyun (2022) Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok. Kontribusi:Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2). pp. 83-93. ISSN ISSN: 2747-2027 (Print) / 2747-2035 (Online)

[img] Text
menumbuhkan rasa percaya diri anak.pdf

Download (377kB)
Official URL: https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kont...

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk memaparkan proses pengabdian penulis yang dilakukan di Dusun Jombok, Desa Sembungin, kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban dan mengetahui bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri dan interpersonal skill pada anak. Metode yang digunakan yaitu Participatory Action Research (PAR) dengan objek pengabdian adalah anak-anak di dusun Jombok. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, pengabdi mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi anak-anak di Dusun Jombok yaitu masih memiliki tingkat rasa kepercayaan diri yang rendah. Maka dari itu perlu adanya pemberian motivasi dan dukungan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak. Dalam hal ini, pengabdi memilih strategi individual competition untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dan interpersonal skill. Adapun kompetisi yang diadakan yaitu lomba makan krupuk, lomba adzan, dan lomba membaca puisi. Melalui kompetisi tersebut, anak-anak di Dusun Jombok memiliki semangat dan keberanian untuk tampil di depan umum dengan percaya diri dan mampu membina interaksi positif dengan teman-teman sebaya.

Item Type: Article
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 03 May 2023 02:58
Last Modified: 03 May 2023 02:58
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item View Item