Mediatisasi Pada Aktivitas Dakwah Perempuan Salafi

Mahanani, Prima Ayu Rizqi Mediatisasi Pada Aktivitas Dakwah Perempuan Salafi. Mediatisasi Pada Aktivitas Dakwah Perempuan Salafi.

[img] Text
Artikel Mediatisasi.pdf

Download (263kB)

Abstract

Abstrak Sekarang kita berada dalam kondisi yang serba termediasi. Kemajuan teknologi mempunyai andil besar dalam mengubah cara kita berinteraksi dalam kehidupan sosial-kultural sehari-hari. Begitu juga yang terjadi pada aktivitas dakwah perempuan Salafi yang termediasi oleh aplikasi WhatsApp. Paper ini berusaha menggali lebih dalam praktik mediatisasi oleh perempuan Salafi dalam menjalankan aktivitas dakwahnya. Bertujuan untuk membongkar semakin kuatnya dominasi logika media dalam agama. Gagasan penelitian ini merujuk konsep mediatisasi yang dikembangkan oleh Stig Hjarvard pada tahapan institusi. Untuk itu digunakan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara terfokus kepada dua informan yang dipilih melalui kriteria tertentu. Teknik analisis data menggunakan analisis etnografi dan validitas datanya menggunakan validitas dialogis. Hasil penelitiannya adalah ada perubahan budaya dalam aktivitas dakwah perempuan Salafi. Praktik mediatisasi pada aktivitas dakwah perempuan Salafi sebagai realita di mana agama bergerak dalam nalar media. Media telah menjadi bagian integral dari diri perempuan Salafi dan sekaligus bagian dari struktur besar manhaj Salafi. Kata kunci: Perempuan Salafi, Dakwah, Mediatisasi

Item Type: Article
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Mahbub Junaidi
Date Deposited: 17 Apr 2023 08:22
Last Modified: 18 Apr 2023 01:46
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/927

Actions (login required)

View Item View Item