Komunikasi Pendidikan : Menuju Pembelajaran Efektif

Yasin, Muhammad (2015) Komunikasi Pendidikan : Menuju Pembelajaran Efektif. STAIN Kediri Press., Kediri.

[img] Text
Komunikasi Pendidikan.pdf

Download (704kB)

Abstract

Pada saat ini masih banyak didapati baik guru atau dosen mengajar secara alami sesuai dengan bakat mengajar yang dimiliki. Ada juga guru atau dosen yang mengajarnya cenderung meniru gaya orang yang dahulu pernah menjadi guru atau dosennya. Kenyataan di atas akan menimbulkan beberapa persoalan, baik bagi pengajar maupun peserta didik. Pada penyampaian materi perkuliahan kepada peserta didik atau audien, ada beberapa faktor yang perlu di- pertimbangkan, diantaranya adalah peserta didik, ruangan kelas, metode dan materi itu sendiri. Untuk dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan pada suatu perkuliahan, metode pembelajaran dan komunikasi harus mendapat perhatian khusus dalam setiap proses pem- belajaran. Metode pem- belajaran dan komunikasi tidak selalu harus sama untuk setiap materi. Proses belajar (learning) adalah suatu perubahan yang relatif tetap dalam persediaan tingkah laku, yang terjadi sebagai hasil pengalaman. Ini berarti, hanya dapat dikatakan terjadi proses belajar bila seseorang me- nunjukkan tingkah laku yang tidak sama. Jika ia dapat membuktikan pengetahuan tentang fakta�fakta baru atau ia bisa melakukan sesuatu, yang sebelum nya ia tidak dapat melakukannya. Jadi, proses belajar me- nempatkan seseorang dari status kemampuan atau kecakapan (ability) yang satu kepada kemampuan atau kecakapan yang lain. Kecakapan seseorang dalam berkomunikasi me nentukan sejauhmana wawasan pengetahuan yang dimiliki oleh orang tersebut. Orang yang luas wawasan pengetahuan dan pergaulan nya cenderung mudah melakukan komunikasi, adaptasi, dan sosialisasi. Sebaliknya orang yang sempit baik wawasan pengetahuan maupun pergaulannya cenderung sulit dalam me�nyampaikan suatu ide atau gagasan apalagi ketika dia bersosialisasi dengan orang lain. Komunikasi diperlukan dalam setiap hubungan, baik itu antar individu maupun di kalangan anggota masyarakat luas demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:35
Last Modified: 02 Mar 2023 07:35
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/850

Actions (login required)

View Item View Item