Commitment Of Nahdlatul Ulama And Muhammadiyah Education Institutions In Breaking The Chain Of Radicalism

Tohari, Ilham and Zainullah, Moh. and Faruq, Umar and Oktavia, Nada (2022) Commitment Of Nahdlatul Ulama And Muhammadiyah Education Institutions In Breaking The Chain Of Radicalism. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, Vol 6 (No 2).

[img] Text
500-1881-1-PB (1).pdf

Download (685kB)

Abstract

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran Lembaga Pendidikan NU dan Muhammadiyah dalam mencegah potensi radikalisme di Lamongan dan Malang yang cukup dikenal sebagai basis Radikalisme. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan peneliti termasuk dalam penelitian lapangan, dan menggunakan perspektif fenomenologis. Hasil dari penelitian ini, yakni lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam memutus mata rantai radikalisme, seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Nahdlatul Ulama dengan nilai-nilai Aswajanya dan Muhammadiyah dengan nilai-nilai al-Islam dan kemuhammadiyahannya. Keberadaan NU dan Muhammadiyah, dapat menjadi lokomotif toleransi dalam menyikapi keberagaman dalam internal muslim maupun antar agama yang dalam kesehariannya tidak lepas dari berbagai macam perbedaan. Kata Kunci: Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Radikalisme, Toleransi.

Item Type: Article
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Mahbub Junaidi
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:44
Last Modified: 06 Dec 2022 07:44
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item