Amril, La Ode and Firmansyah, Willis and Wulandari, Ratna Wahyu (2017) Strategi Active Knowledge Sharing Setting Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Sikap Siswa Terhadap Matematika. JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 8 (2). pp. 93-103. ISSN 2550-0236, 2087-4928
Text
Strategi Active Knowledge Sharing Setting Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Sikap Siswa Terhadap Matematika.pdf Download (719kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yang dilalui yaitu perencanaan, pelaksanakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi Bogor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif. Penerapan pembelajaran bercirikan active knowledge sharing dengan pendekatan saintifik meningkatkan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII MTs SMP Negeri 1 Ciawi. Strategi active knowledge sharing memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi pengetahuan secara aktif. Kompetisi antar peserta didik dapat dikurangi karena siswa diajarkan untuk saling membantu teman dalam hal kegiatan belajar. Siswa diarahkan untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan. Selain pada tingkat sikap terhadap matematika, kemampuan kognitif siswa juga mengalami peningkatan, namun persentase kenaikan kemampuan sikap siswa terhadap matematika lebih besar daripada persentase kenaikan kognitif siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | M. Royyan Nafis Fathul Wahab |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 02:59 |
Last Modified: | 10 Aug 2021 02:59 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/521 |
Actions (login required)
View Item |