Fanani, Moh. Zainal (2017) Problematika K13 Dalam Pembelajaran PAI. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 1 (2). pp. 63-73. ISSN 2580-9989, 2581-2734
Text
Problematika K13 Dalam Pembelajaran PAI.pdf Download (155kB) |
Abstract
Kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Fokus penelitian: 1) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 di Kota Kediri? dan 2) Bagaimana Problematika yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di Kota Kediri ? Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Kediri belum berjalan dengan maksimal masih ada kekurangan-kekurangan yang harus di perbaiki contohnya saja pendampingan dalam implementasi itu sangat kurang. 2) Problematika Guru PAI antara lain mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran, karena kurangnya pemahaman guru tentang Kurikulum 2013 dengan konsep pembelajaran Kurikulum 2013, keterlambatan pengadaan pelatihan bagi guru-guru, khususnya guru PAI tentang kurikulum 2013, dan sebagainya terakhir Sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam menunjang pelaksanaan Kurikulum 2013 di beberapa yang ada di Kota Kediri, sehingga menghambat pelaksanaan kurikulum yang diterapkan. Kata kunci: Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Implementasi, Kurikulum 2013.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | M. Royyan Nafis Fathul Wahab |
Date Deposited: | 04 May 2021 02:37 |
Last Modified: | 04 May 2021 02:37 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/302 |
Actions (login required)
View Item |