Indrioko, Erwin (2018) Strategi Memberdayakan Belajar Di Lembaga Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13 (1). pp. 33-46. ISSN 2442-5494, 1907-672X
Text
Strategi Memberdayakan Belajar Di Lembaga Pendidikan Islam.pdf Download (728kB) |
Abstract
Dalam Islam terdapat anjuran yang menegaskan bahwa belajar merupakansebuah kewajiban bagi laki-laki dan perempuan. Aktivitas belajar adalah untukmemperoleh keberhasilan dalam pengembangan potensi dan bakat seseorang.Belajar merupakan perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman dari prosespembelajaran dengan serangkaian aktivitas misalnya: membaca, mencoba sesuatu,mengikuti arah tertentu, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya(aktivitas ruhani-jasmani) menuju perkembangan pribadi yang utuh. Siswa yangsedang dalam proses belajar wajib hukumnya mempunyai niat yang luhur dalamdirinya, yaitu bahwa belajar merupakan salah satu bagian dari ibadah yangbertujuan mencari ridha Allah SWT, mendapat kebahagiaan akhirat, memerangikebodohan, dan meningkatkan peradaban bagi masyarakat. Di lembagaPendidikan Islam tentu belajar perlu diberdayakan agar peserta didik menjadisosok pembelajar mandiri, ada beberapa strategi memberdayakan belajardiantaranya; dilaksanakan kegiatan diskusi setiap hari, mengadakan programmenulis setiap hari, diadakan lomba setiap hari, melaksanakan praktek setiap hari,diadakan sistem perpustakaan keliling, melatih penelitian sederhana, danmengadakan studi banding. Dengan pemberdayaan belajar yang intensif makapendidikan Islam akan menghasilkan lulusan-lulusan mandiri dan tangguhsebagai penopang kemajuan Islam.Kata Kunci : Islam, belajar, pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | M. Royyan Nafis Fathul Wahab |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 02:50 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 02:50 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/287 |
Actions (login required)
View Item |