Ahid, Nur (2009) Problematika Madrasah Aliyah Diniyah di Indonesia. Sosio-Religia : Jurnal Ilmu Agama dan Ilmu Sosial, 8 (2). pp. 491-516. ISSN 1412 -2367
Text
Sosio-Religia vol_8_no_2_februari_2009 Nur Ahid.pdf Download (460kB) |
Abstract
Madrasah Aliyah Diniyah tumbuh dan berkembang di Indonesia, seperti tumbuh dan berkembangnya masyarakat Muslim Indonesia. Ia tumbuh dan berkembang dengan karakteristiknya masing-masing, tanpa adanya buku panduan dan aturan baku dari pemerintah, sehingga berjalan dengan karakteristik dan otoritasnya masing-masing. Kondisi yang demikian ternyata terdapat adanya beberapa problem. Problem Madrasah Aliyah Diniyah di Indonesia adalah: pertama, ijazahnya tidak mendapat pengakutan pemerintah, akibatnya ketika digunakan menjadi PNS atau legislatif ditolak. Solusinya perlu adanya pengakuan dari pemerintah melalui PP dan hindari diskriminasi pengakuan; kedua tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah, akibatnya belajar menggunakan fasilitas apa adanya. Solusinya penyediaan fasilitas belajar yang dibantu oleh pemerintah, seperi halnya membantu kepada SMA/MA/SMK/MAK; dan ketiga, rendahnya kompetensi dan kualitas guru, akibatnya proses belajar mengajar kurang kondusif dan kurang profesional. Solusinya diikutsertakan program S1, workshop, dan pelatihan metodologi pengajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Depositing User: | Muhamad Hamim |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 05:22 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 05:22 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |