khamim, khamim and ali, anwar and qamaruz, zaman TAKHRĪJ AL-H{ADĪTH TERHADAP HADIS-HADIS DALAM BUKU SISWA “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” KELAS X, XI, DAN XII. [Experiment] (Unpublished)
Text
abstrak.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pak Khamim 2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
i ABSTRAK TAKHRĪJ AL-H{ADĪTH TERHADAP HADIS-HADIS DALAM BUKU SISWA “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI” KELAS X, XI, DAN XII Abstrak Penelitian ini memfokuskan pada pelacakan sumber hadis-hadis yang terdapat pada buku siswa “Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti” Kelas X, XI, dan XII pada kitab-kitab hadis pokok sebagaimana disusun oleh mukharrij, penentuan kualitas hadis, dan pemahaman hadis dengan menggunakan kitab-kitab sharh} al-h}adīth. Penelitian ini dirasa penting, mengingat sampai sekarang ini belum diketemukan satupun karya yang menulis buku tentang takhrīj al-h}adīth pada hadis-hadis yang terdapat pada buku siswa “PAI dan Budi Pekerti”, sehingga hasil penelitian ini dapat membantu guru ketika menjelaskan pada siswanya. Berdasarkan pengalaman kami memberikan pelatihan kepada guru-guru PAI SMA/SMK di Kota dan Kabupaten Kediri serta Kabupaten Nganjuk dapat diketahui bahwa mayoritas mereka tidak mengerti bagaimana cara mencari rujukan hadis-hadis yang terdapat pada buku siswa. Sumber data penelitian ini adalah kitab-kitab hadis sumber pokok, yang biasa disebut dengan al-kutub al-tis`ah (sembilan kitab hadis) dan sharh} masing-masing kitab tersebut. Kitab-kitab hadis dan kitab-kitab sharh} tersebut digunakan untuk memberikan referensi terhadap masingmasing hadis dan menjelaskan kandungan masing-masing hadis. Sedangkan referensi yang digunakan untuk menentukan kualitas sanad, yang di dalamnya terdapat periwayat, yang berujung pada kualitas hadis masing-masing akan digunakan tiga kitab tentang biografi periwayat, yaitu Tahdhīb al-Tahdhīb dan Taqrīb al-Tahdhīb karya Ah}mad ibn `Ali ibn H{ajar Abū al-Fad}l al-`Asqalāniy al-Shāfi’iy dan Tahdhīb al-Kamāl karya Yūsuf ibn al}-Z}akkiy `abd ar-Rah}man Abū al-H{ajjāj al- Miz}z}iy. Sedangkan teknik untuk menentukan kualitas hadis akan digunakan pendapat Jumhūr al-`ulamā', yang berpendapat bahwa syarat dan indikator kes}ah}īh}an sanad hadis adalah sanadnya bersambung, ii rāwīnya berkualitas `ādil, rāwīnya d}ābit}, terhindar dari shudhūdh, dan terhindar dari `illat. Hasil dari penelitian ini akan diterbitkan dalam bentuk Buku Daras Hadis. Ia akan dapat dimanfaatkan oleh dosen Mata Kuliah MPAI dan mahasiswanya, guru PAI dan siswanya serta masyarakat umum untuk memahami hadis-hadis yang tercantum dalam buku “PAI dan Budi Pekerti” tersebut serta memberikan kepastian tentang sumber primer dan kualitas hadis. Penelitian ini menemukan sebanyak 1.062 sumber hadis dari 111 hadis yang terdapat dalam Buku PAI dan Budi Pekerti Kelas X, XI, dan XII. Setiap satu hadis diketemukan rata-rata 9,57 sumber hadis. Dari 111 hadis yang berkualitas S{ah}īh} li Dhātihi sebanyak 65 (58,56%), S{ah}īh} li Ghairihi sebanyak 6 (5,41%), H{asan li Dhātihi sebanyak 13 (11,71%), H{asan li Ghairihi sebanyak 0 (0%), dan D{a’īf sebanyak 27 (24,32%). Penjelasan ini hadis dapat diketemukan di Syarah dari kitan hadis yang dijadikan referensi, kecuali hadis yang dikutip dari musnad Ah}mad yang harus dicarikan dari kitab lainnya. Kata kunci: Takhrīj al-H{adīth, PAI dan Budi Pekerti SMA/SMK
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | setiawan setiawan |
Date Deposited: | 12 Dec 2019 00:54 |
Last Modified: | 12 Dec 2019 00:54 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/80 |
Actions (login required)
View Item |