MONITORING DAN EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (Survey Evaluatif di STAIN Kediri)

Munifah, Munifah MONITORING DAN EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (Survey Evaluatif di STAIN Kediri). Project Report. IAIN Kediri. (Unpublished)

[img] Text
reviw penelit monev.pdf

Download (79kB)

Abstract

Salah satu kegiatan yang bisa mengawali peningkatan kualitas lembaga dan civitas akademik serta lulusannya agar mampu menghadapi tantangan global adalah dengan berusaha menyusun dan memiliki standart penjaminan mutu serta mengadakan monitoring dan evaluasi yang berkala dan terencana terhadap segala aspek yang ada, agar bisa mengetahui pencapaian target yang ditentukan, dan bisa menentukan tindak lanjut yang harus dilaksanakan untuk perbaikan dan peningkatan. Penelitian ini adalah penelitian survey evaluatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat dan meneliti seberapa jauh target dan tujuan atau program yang digariskan oleh sebuah kebijakan di STAIN tercapai, serta mencari umpan balik untuk perbaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuissioner/angket dan dokumentasi. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi sifatnya masih insidental yang dilaksanakan oleh pimpinan tiap-tiap unit kerja. Standart yang digunakan sebagai penjaminan mutu pembelajaran meliputi sepuluh komponen pembelajaran, sedangkan standart yang digunakan sebagai penjaminan mutu yang berkaitan dengan proses belajar mengajar adalah 10 komponen sesuai dengan Keputusan Menag 2003 dilengkapi dengan standart yang disusun oleh peneliti berdasar teori-teori yang ada. Komponen pembelajaran yang sudah memenuhi standart adalah ; Penguasaan dosen terhadap isi materi, Menfaat mata kuliah bagi mahasiswa, Antusiasme dosen terhadap proses pembelajaran, Dosen menyampaikan rencana kuliah, Kualitas bahan ajar, dan Pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan. Sedangkan yang belum memenuhi standart adalah Dosen memberi tugas dan mengembalikan hasilnya kepada mahasiswa, Dosen menggunakan alat bantu ajar, Dosen memberi motivasi belajar, dan juga Ketepatan kehadiran dan kepulangan dosen. Komponen standart penjaminan mutu yang berkaitan dengan proses belajar mengajar yang sudah memenuhi standart adalah; rata-rata beban tugas dosen, jumlah sks rata-rata yang diambil mahasiswa, IP kumulatif rata-rata mahasiswa, jumlah kehadiran mahasiswa, serta rasio presentasi input dan lulusan. Sedangkan komponen yang belum terpenuhi yaitu ; jumlah dosen tetap di jurusan tarbiyah baru terpenuhi 40%, ruang kuliah untuk mahasiswa jurusan tarbiyah baru terpenuhi 70%, minimnya penelitian yang dilakukan oleh dosen, rasio jumlah mahasiswa yang mendaftar dan yang diterima, dan yang terakhir adalah terbatasnya media pembelajaran dan belum tersedianya ruang dosen tetap sebagai sarana konsultasi dan pembimbingan bagi mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Fikri Alan
Date Deposited: 04 May 2021 02:32
Last Modified: 04 May 2021 02:32
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item