Tsani, Iskandar (2004) PELAKSANAAN EVALUASI PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PESANTREN (Studi Kasus di Pondok Modern Gontor III Darul Ma’rifat Sumber Cangkring Gurah Kediri). Jurnal Realita, 1 (2).
Text
ISKANDARTSA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Penelitian ini mencoba untuk mengamati pelaksanaan Evaluasi proses belajar mengajar di Pondok Modern Gontor III Darul Ma’rifat Sumber Cangkring Gurah Kediri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk Studi Kasus, penelitian ini ingin menggambarkan suatu permasalahan secara alami dan seobyektif mungkin. Sebagai sebuah penelitian kualitatif, data diteliti secara cermat dengan analisis induktif�kualitatif. Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1. Pelaksanaan evaluasi proses belajar mengajar dalam hal; a. tujuan pengajaran dilakukan dengan memantau kesesuaian tujuan pembelajaran tiap-tiap materi dengan kurikulum yang berlaku; b. bahan pengajaran dilakukan dengan mengkaji kesesuaian materi dengan tuntutan perkembangan santri; c. siswa dipantau dengan melihat perkembangan dan kegiatan belajarnya; d. guru dievaluasi dengan melihat persiapan mengajar dan kegiatan belajar mengajar di kelas; e. alat dan sumber belajar dievaluasi dengan mengidentifikasi alat-alat dan sumber belajar yang dibutuhkan; f. teknik dan cara penilaian dievaluasi dengan cara memantau terhadap berbagai ujian dan mengawasi pembuatan soal. 2. Peran evaluasi proses belajar mengajar di Pondok Modern Gontor III ini sangat positif dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza |
Date Deposited: | 13 Apr 2021 06:35 |
Last Modified: | 18 May 2021 03:59 |
URI: | http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/271 |
Actions (login required)
View Item |