Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2014 – 2018).

Andriani, Andriani Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia Periode 2014 – 2018). Econev.

[img] Text
03 Artikel ECONEV.pdf

Download (524kB)

Abstract

Kinerja keuangan perusahaan akan dikatakan baik apabila mampu memberikan yang yang baik pula pada rasio profitabilitas atau keuntungan. Berbagai cara akan dilakukan oleh perusahaan dalam menghasilkan keuntungan, termasuk berbagai strategi yang telah diciptakan. Strategi yang marak dilaksanaka berbagai perusahaan dalam mencapai keuntungan, seperti melalui hutang sebagai tambahan operasional. Berbagai aset atau aktiva perusahaan bisa jadi dibiayai oleh hutang yang dilakukan perusahaan, rasio besarnya hutang untuk peningkatan kualitas aset perusahaan biasa disebut leverage. Pentingnya kedua rasio yang dibahas tersebut sebagai bentuk kegiatan pertanggungjawaban sosial atau bisa disebut CSR. Hubungan antar kedua dalam kaitanya dengan kegiatan sosial perusahaan akan dikaji melalui pembahasan penelitian ini. Sampel yang digunakan berjumlah 14 objek, yang berupa BUS di Indonesia dan periode yang digunakan selama 5 tahun. Data yang dikumpulkan berasal dari laporan keuangans setiap BUS tersebut, dan akan dianalisis rasio ROA dan DER. Selain itu akan dihubungkan dengan laporan CSR pada setiap BUS yang dijadikan sampel. Penelitian ini menunjukan bahwa sebuah keuntungan yang didapat tidak mempengaruhi CSR. Sebaliknya, bahwa rasio hutang yang dimiliki perusahaan justru mempengaruhi CSR.

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:04
Last Modified: 15 Jun 2022 07:04
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item