Urgensi Media Control Siaran Iklan “Kampanye Pilkada” di Media Penyiaran

Prilani, Prilani (2020) Urgensi Media Control Siaran Iklan “Kampanye Pilkada” di Media Penyiaran. In: Mengawal Demokrasi di Daerah : Dinamika Pemilihan Kepalad Daerah Tahun 2020, Media dan Pengawasan Isi Siaran. Imtiyaz, pp. 60-99. ISBN 978-602-5779-54-1

[img] Text
10. Demokrasi_Prilani.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Image
mengawal - sampul.jpeg

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Image
mengawal - i.jpeg

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Image
mengawal ii.jpeg

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Image
mengawal iii.jpeg

Download (61kB) | Preview

Abstract

Kampanye pilkada 2020 tentu tidak lepas dari peran media penyiaran, meskipun kita tidak bisa dipungkiri bahwa akselerasi media sosial lebih dominan. Kontestan menggunakan periklanan above the line dan below the line untuk melakukan propaganda politik kepada konstituennya. Tahapan kampanye konvensional sudah tidak akan maksimal karena masyarakat hari ini telah berubah dalam pola pergeseran akses informasi dan manajemen komunikasi yang akan dilakukan melalui daring. Sistem pengawasan media penyiaran di Indonesia masih berkutat pada kelemahan regulasi dan kewenangan regulator. Problem ini dilandasi atas Diversity of Ownership dan Diversity of Content yang menyebabkan tidak adanya keragaman atas konten siaran media penyiaran di Indonesia. Pola kepemilikan dalam operasional media penyiaran seringkali mengalami dilema ketika melakukan kegiatan penyiaran karena tuntutan dari Owner media. Disisi lain, konten menjadi tidak berkembang sehingga kejenuhan pasar menjadi dominan. Aturan tentang pemasangan iklan kampanye di televisi dan radio diharapkan dapat merata dengan memperhatikan letak geografis daerah pemilihan. Hal ini terkait daerah yang belum tercover akses daring atau yang tidak terjangkau oleh internet. Dampak pelarangan kampanye tatap muka akibat pandemi covid 19 merupakan peluang untuk media online dan elektronik. Namun akan muncul persoalan bagaimana pengawasan terhadap media penyiaran yang menjadi media kampanye pasangan calon dalam pilkada.

Item Type: Book Section
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Dosen IAIN Kediri
Depositing User: Muhamad Hamim
Date Deposited: 13 May 2022 01:43
Last Modified: 13 May 2022 01:43
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item View Item