Strategi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Eksplorasi Thailand Dan Indonesia

Septiana, Nila Zaimatus and Istiqomah, Nanda and Rahmawati, Novi Rosita (2021) Strategi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Eksplorasi Thailand Dan Indonesia. Proceedings of the International Conference on Islamic Eduacation, 5 (1). pp. 186-196. ISSN 2613-9804, 2477-2628

[img] Text
Strategi Pembelajaran Dalam Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Eksplorasi Thailand Dan Indonesia.pdf

Download (227kB)
Official URL: http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icie...

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran Guru Sekolah Dasar dalam mengembangkan karakter siswa Sekolah Dasar di era revolusi industri 4.0. Pendidikan karakter menjadi hal yang penting terutama dalam menghadapi era baru yang menantang dan berpengaruh di segala bidang termasuk bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana peneliti melakukan eksplorasi mendalam tentang aktifitas dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh Guru Sekolah Dasar. Lokasi Penelitian ini berada di dua tempat yakni di Sekolah Dasar Ban Huailuek School, Krabi, Thailand dan Sekolah Dasar di Indonesia yang berada di daerah Blitar. Pertimbangan pengambilan lokasi yakni kedua sekolah sama-sama berada di pinggian kota dengan karakteristik siswa yang hampir sama. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni pedoman wawanncara dan observasi. Selanjutnya analisis data menggunakan metode deskriptif dengan tiga tahapan yakni kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa strategi pembelajaran yang dapat menunjang pengembangan karakter antara lain NHT (number head together), strategi bermain, bermain peran, menyanyi, direct method, tanya jawab, scaffolding, modelling, dan behavioral (reinforcement & punishment). Karakter yang dikembangkan dari berbagai strategi tersebut antara lain tanggungjawab, mandiri, jujur, percaya diri, empati, dan berani.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Royyan Nafis Fathul Wahab
Date Deposited: 04 Aug 2021 03:43
Last Modified: 04 Aug 2021 03:43
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item