MEDIA SOSIAL, RUANG PUBLIK, DAN BUDAYA ‘POP’

Ropingi, El Ishaq and Prima, Ayu Rizki Mahanani (2018) MEDIA SOSIAL, RUANG PUBLIK, DAN BUDAYA ‘POP’. ettisal, journal of communication, 3 (1).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://dx.doi.org/10.21111/ettisal.v3i1.1928

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji permasalahan media sosial, dalam hal ini instagram dan twitter sebagai media sosial yang banyak digunakan oleh khalayak luas. Melalui media ini opini khalayak dapat dibangun. Dan media sosial menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari budaya pop yang berkembang di tengah masyarakat. Sehingga perlu dikaji secara mendalam tentang penggunaan media social, pemanfaatan ruang public, dan relasi keduanya dengan budaya pop yang berkembang. Kajian ini perlu dilakukan untuk menemukan relasi antar ketiga realitas tersebut. Hasil kajian ini akan memberikan benang merah bagi pengembangan ilmu komunikasi, media, dan budaya, di tengah perkembangan masyarakat yang sedang bergerak ke era digital. Untuk itu perspektif konstruksi sosial perlu digunakan sebagai pisau analisisnya. Hasil kajian ini, pertama, media sosial dimanfaatkan oleh berbagai lapisan sosial masyarakat untuk penyebaran informasi, sosialisasi, ekspresi diri, dan hiburan. Kedua, media sosial sebagai sarana mengisi ruang publik dengan diskusi mengenai isu-isu aktual, terutama hal-hal yang menyangkut kepentingan umum, politik, dan permasalahan sosial. Ramainya media sosial dengan informasi dan berbagai tanggapan dan komentar memungkinkan terjadinya peningkatan kesadaran dan ikatan politik serta ikatan sosial. Ketiga, sebagai bagian dari perkembangan budaya pop, media sosial menjadi sarana penyemai gagasan, ekspresi diri, serta menjadi bagian dari komodifikasi pesan. Budaya popular sebagaimana direpresentasikan dalam media sosial mencirikan adanya kecenderungan budaya yang cair (mudah berubah) dan bersifat permukaan. Ciri dari budaya popular adalah menganut ideology lifestyle (pencitraan, komodifikasi, dan artificial) yang bersifat permukaan atau kurang mendalam dan tidak komprehensif.

Item Type: Article
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: setiawan setiawan
Date Deposited: 28 Jul 2020 10:01
Last Modified: 28 Jul 2020 10:01
URI: http://repository.iainkediri.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item